Tanda Pleci Mau Buka Paruh, Ini Selalu Terjadi

Tanda Pleci Mau Buka Paruh | Halo, teman-teman kicau mania! Sudah pada tahu belum nih, kapan si Pleci mulai mau buka paruh?

Nah, kali ini mimin Yuk Ternak bakal cerita-cerita sedikit nih tentang tanda-tandanya. Jadi, kalian yang lagi penasaran atau baru aja gabung di dunia perburuan informasi tentang burung Pleci, pantengin terus ya artikel ini.

Siapa tahu bisa dapet insight baru buat merawat Pleci kesayangan kalian! Yuk, langsung kita bahas bareng-bareng.

Perilaku Pleci Mau Buka Paruh

Mimin selalu melihat beberapa perilaku seperti berikut ini saat burung pleci mau buka paruh :

1. Lebih aktif

Mimin tahu, kalian pasti pernah melihat saat-saat di mana pleci kalian terlihat lebih hidup dari biasanya. Mungkin mereka terlihat lebih aktif daripada hari-hari sebelumnya, bergerak dengan lebih lincah, dan bahkan mungkin tampak seperti mereka memiliki semangat baru yang menggebu-gebu.

2. Bulu yang Menggembung

Saat kalian melihat pleci dengan bulu-bulu yang menggembung, terutama di bagian dada dan leher, itu bisa menjadi tanda yang jelas bahwa mereka siap untuk sesuatu yang spesial. Mungkin mereka memiliki keinginan yang kuat untuk berkomunikasi atau sedang merasa sangat bersemangat.

3. Mengangkat ekor

Lihatlah, kalian bisa mengetahui jika pleci kalian sedang dalam suasana hati yang baik dengan melihat ekor mereka. Jika ekornya diangkat tinggi ke atas, itu adalah tanda bahwa mereka mungkin siap untuk sesuatu yang menarik.

4. Membuka mulut

Perhatikan dengan seksama, saat pleci kalian mulai membuka sedikit mulutnya dan mengeluarkan suara kicauan yang pelan, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang merencanakan sesuatu. Mungkin mereka ingin berbagi sesuatu dengan kalian atau hanya ingin menunjukkan betapa senangnya mereka saat ini.

5. Rajin Mencari Makan

Kalian pasti pernah melihat pleci kalian lebih rajin mencari makan dari biasanya. Itu bisa menjadi tanda bahwa mereka memiliki energi yang berlebih atau bahkan memiliki keinginan yang kuat untuk berbagi momen kebersamaan dengan kalian.

Baca Juga : Pola Ekor Murai Seri F4, F3, F2, dan F1

Ciri Fisik Pleci Mau Buka Paruh

Selain perilakunya, Kalian juga bisa melihat tanda pleci mau buka paruh pada fisiknya. Berikut ini Ciri Fisik Pleci Mau Buka Paruh :

1. Paruh Berwarna Merah Cerah

Kalian pasti pernah lihat kan, pleci yang mau buka paruh? Nah, salah satu ciri yang bisa Mimin sampaikan ke kalian adalah paruhnya yang berwarna merah cerah. Jadi, kalo kalian lihat pleci dengan pangkal paruh yang berkilau merah, bisa jadi dia lagi siap-siap mau nyanyi nih!

2. Kantung Suara MemBesar

Ini dia ciri yang cukup mencolok, kantung suara yang membesar di bawah leher pleci. Jadi, kalo kalian lihat pleci dengan kantung suara yang tiba-tiba makin gembung, itu pertanda dia lagi dalam mode ‘mau buka paruh’. Siap-siap aja deh dengerin suara merdu mereka!

3. Bulu di Sekitar Paruh Basah

Ciri yang satu ini mungkin agak tricky, tapi kalo kalian lihat dengan cermat, kalian pasti bisa. Jadi, pleci yang mau buka paruh biasanya punya bulu di sekitar paruh yang agak basah karena air liurnya. Jadi, kalo kalian lihat pleci dengan bulu di sekitar paruh yang tampak sedikit lembab, bisa jadi mereka lagi siap-siap buka paruh.

Waktu Pleci Buka Paruh

  • Pagi hari: Pleci biasanya mulai buka paruh pada pagi hari, sekitar jam 6-7 pagi.
  • Sore hari:¬†Pleci juga bisa buka paruh pada sore hari, sekitar jam 4-5 sore.

Tips Merawat Pleci Mau Buka Paruh

Kalian harus merawat pleci agar buka paruh maksimal. Berikut ini perawatan yang selalu Mimin berikan untuk pleci yang akan buka paruh :

Pilihan Pakan yang Berkualitas

Mimin nggak bisa tebakin betapa pentingnya makanan yang baik buat pleci kalian. Makanya, pastikan kalian kasih makanan yang benar-benar berkualitas. Pilihlah pakan yang kaya nutrisi dan sesuai dengan kebutuhan si pleci. Dengan makanan yang oke, stamina dan kesehatan si pleci bakal terjaga dengan baik.

Kebersihan Kandang yang Terjaga

Nah, ini juga penting banget, guys. Kandang pleci kalian harus tetap bersih supaya nggak ada penyakit yang mengintai si pleci. Mimin saranin, rajinlah membersihkan kandang pleci kalian secara rutin. Dengan begitu, kalian bisa mencegah masalah kesehatan yang nggak diinginkan.

Sinar Matahari Pagi yang Menyegarkan

Ini nih, mungkin yang jarang diperhatiin, tapi penting banget. Berikanlah waktu bagi si pleci untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi bisa bantu meningkatkan metabolisme si pleci dan penyerapan vitamin D-nya. Jadi, jangan sampai lupa, ya, ajakin si pleci buat kencan pagi di bawah sinar matahari!

Mandi Rutin untuk Kesehatan Bulu

Siapa bilang pleci nggak suka mandi? Mereka suka, lho! Jadi, jangan lupa mandikan si pleci secara teratur. Mandi rutin nggak cuma buat menjaga kebersihan bulu si pleci, tapi juga buat menjaga kesehatannya. Jadi, ajaklah si pleci buat mandi bersama supaya bulunya tetap sehat dan indah.

Penutup


Nah, begitulah, teman-teman! Sekarang kalian udah tahu nih tanda-tanda Pleci mau buka paruh.

Jangan lupa, ya, untuk selalu perhatikan tingkah laku dan kebutuhan si Pleci supaya bisa memberikan perawatan yang terbaik.

Kalau kalian punya pengalaman atau cerita seru seputar Pleci, langsung aja share di kolom komentar!

Atau mungkin ada yang punya pertanyaan tambahan? Jangan sungkan-sungkan buat bertanya, karena di sini kita semua satu komunitas yang saling berbagi pengetahuan.

Sampai jumpa di artikel Mimin Yuk Ternak selanjutnya, kicau mania!

Andi Wijaya

Seorang sarjana peternakan unggas yang ketagihan sama dunia burung. Selain suka ngurusin mereka, aku juga kecanduan nulis-nulis. Gak bisa berhenti untuk berbagi pengalaman ngurus burung lewat tulisan-tulisan di blog kesayangan, yukternak.com. Jadi, kalau lagi gak sibuk, pasti aku lagi asyik ngetik cerita atau tips-tips seputar burung yang aku pelihara.

Satu pemikiran pada “Tanda Pleci Mau Buka Paruh, Ini Selalu Terjadi”

Tinggalkan komentar