Ciri Murai Trotol Ekor Panjang saat Masih Pendek

Ciri Murai Trotol Ekor Panjang | Hai, para pencinta burung kicau! Mimin disini ingin berbagi cerita seru seputar burung murai trotol dengan ekor panjang.

Siapa yang nggak suka melihat murai trotol yang masih pendek tapi sudah bisa berjingkrak dengan ekor yang panjang bak bendera?

Pasti seru banget, kan? Nah, kali ini, mimin Yuk Ternak mau ceritain ciri-ciri khas yang bisa bikin kalian tahu kalau si murai trotol ini bakal jadi juara di masa depan.

Jadi, yuk simak bareng-bareng, siapa tahu nanti bisa jadi panduan buat teman-teman yang lagi cari calon bintang dalam kicauan!

Ciri Murai Trotol Ekor Panjang

Mimin mau share pengalaman nih tentang merawat murai trotol ekor panjang. Jadi, buat kalian yang punya burung ini, penting banget nih buat ngecek asupan gizi dan perawatannya biar burungnya selalu fit dan bisa nyanyi dengan keren.

Gak cuma itu, Kalian juga harus perhatiin banget soal pemberian vitamin dan obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan si burung. Soalnya, si murai trotol ekor panjang ini kan spesial, jadi perlu perlakuan khusus biar tetep sehat.

Murai trotol ekor panjang emang jadi primadona buat para pecinta burung, ya. Selain harganya yang lumayan tinggi, burung ini pun punya ciri fisik yang unik dan gampang dikenali. Nah, Mimin punya nih beberapa info tentang ciri fisiknya dan harga terbarunya.

Ekornya Panjang

Salah satu cirinya yang paling mencolok dari murai trotol ekor panjang adalah ekornya yang panjang banget, bahkan bisa lebih panjang dari tubuhnya sendiri, mencapai 30 hingga 40 cm. Gak cuma panjang, ekor burung ini juga punya bulu-bulu yang rapat dan ujungnya runcing, lho.

Biar ekornya bisa panjang dan keren gitu, biasanya si murai trotol ekor panjang diberi makanan bergizi kayak jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Dan tentunya, pemiliknya juga harus rajin merawat si burung dan kasih suplemen yang perlu biar dia tetap sehat.

Harganya? Nah, ini dia yang paling ditunggu-tunggu. Murai trotol ekor panjang dengan ekor super panjang bisa dijual dengan harga yang wow banget, tau! Harganya biasanya dipengaruhi sama umur burung, bakat, dan warnanya. Mimin punya list harganya nih:

  • Murai trotol ekor panjang umur 4-8 bulan = Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000
  • Murai trotol ekor panjang umur 8-12 bulan = Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000
  • Murai trotol ekor panjang umur di atas 12 bulan = Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000

Tapi inget, ya, harga-harga itu bisa beda-beda tergantung dari lokasi dan kondisi burungnya.

Baca Juga : Ciri Ciri Trotolan Murai Blorok Paling Akurat

Perbedaan Murai Trotol dan Murai Lain

Perbedaan Murai Trotol dan Murai Lain
Perbedaan Murai Trotol dan Murai Lain

Murai trotol ekor panjang memang jadi rebutan buat para pencinta burung kicau. Mereka punya ciri khas yang bikin beda sama murai biasa, jadi penting banget buat Kalian yang suka burung kicauan bisa bedain sebelum beli.

Nah, Mimin punya beberapa tips simpel buat membedakan murai trotol ekor panjang sama murai biasa:

  • Ekor yang Panjang: Murai trotol ekor panjang punya ekor yang, well, panjang banget.
  • Warna Bulu yang Cerah: Warna bulunya biasanya lebih cerah dan menarik.
  • Suara yang Merdu: Suara murai trotol lebih merdu, jadi gak heran banyak yang suka.
  • Tubuh yang Rapih: Seluruh tubuhnya juga terlihat lebih rapih, loh.

Selain itu, warna bulunya yang cerah dan suaranya yang merdu bikin murai trotol ekor panjang jadi burung favorit di kalangan pencinta burung kicauan.

Cara Membedakannya

Selain dari ciri-ciri yang udah Mimin sebutin sebelumnya, ada beberapa cara tambahan buat membedainin murai trotol ekor panjang sama murai biasa. Nah, ini dia cara-cara simpelnya:

Pengamatan dari Jarak Jauh

Kalo Kalian liat murai trotol ekor panjang dari jauh, Kalian bakal keliatan kalo trotol di ekornya panjang banget dan sejajar. Sementara murai biasa, trotolnya cenderung ada di bagian atas ekor.

Pengamatan dari Jarak Dekat

Kalo Kalian mau bedain murai trotol ekor panjang sama murai biasa dari dekat, cek bentuk dan distribusi trotolnya. Trotol pada murai trotol ekor panjang biasanya lebih gede, rapi, dan tersebar di seluruh tubuh burung. Sementara murai biasa, trotolnya lebih kecil dan bisa ada di bagian-bagian tertentu aja.

Baca Juga : Cara Merawat Trotolan Murai Biar Fighter dan Bernyali Tinggi

Ciri-ciri Ekor Murai Trorol Jantan dan Betina

Membedakan murai trotol jantan dan betina bisa dilihat dari ciri-ciri ekornya. Nah, berikut adalah perbedaannya:

Ciri Ekor Murai Trotol Jantan

  • Panjang Ekornya: Murai trotol jantan, terutama yang berusia sekitar 1 bulan, ekornya biasanya lebih panjang dari betina, sekitar 11 cm.
  • Rapatan: Ekor murai trotol jantan terlihat lebih rapat dibandingkan dengan betina.
  • Pola Ekor: Pada murai trotol jantan, pola ekornya biasanya memiliki 4 helai dengan warna putih dan strip berbentuk seperti huruf U yang berwarna hitam. Namun, pola ini biasanya lebih terlihat jelas ketika burung sudah berusia sekitar 3 atau 4 bulan.

Ciri Ekor Murai Trotol Betina

  • Ukuran Ekornya: Ekor murai trotol betina cenderung lebih pendek dan kecil jika dibandingkan dengan jantan.
  • Pola Ekor: Pola ekor murai trotol betina hampir sama dengan jantan, yaitu memiliki 4 pasang ekor dengan warna putih dan corak berbentuk seperti huruf U yang berwarna hitam.

Jadi, dengan memperhatikan ciri-ciri ekor seperti itu, Kalian bisa lebih mudah memilih murai trotol jantan atau betina sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Penutup

Nah, begitulah ciri-ciri murai trotol dengan ekor panjang saat masih pendek. Semoga artikel ini bisa memberikan panduan yang berguna bagi kalian para penggemar burung kicau, terutama yang sedang mencari calon bintang di tengah jajaran murai trotol yang ada.

Ingat, setiap burung punya potensi luar biasa jika kita bisa membimbing mereka dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Teruslah berkreasi dan berbagi pengalaman, siapa tahu suatu hari nanti, burung trotol kesayangan kalian menjadi jawara yang memukau.

Salam kicau mania!

Andi Wijaya

Seorang sarjana peternakan unggas yang ketagihan sama dunia burung. Selain suka ngurusin mereka, aku juga kecanduan nulis-nulis. Gak bisa berhenti untuk berbagi pengalaman ngurus burung lewat tulisan-tulisan di blog kesayangan, yukternak.com. Jadi, kalau lagi gak sibuk, pasti aku lagi asyik ngetik cerita atau tips-tips seputar burung yang aku pelihara.

Satu pemikiran pada “Ciri Murai Trotol Ekor Panjang saat Masih Pendek”

Tinggalkan komentar