Ciri Ciri Trotolan Murai Blorok Paling Akurat Mulai dari Bulu Sampai Warna

Ciri Ciri Trotolan Murai Blorok | Gimana kabar kalian? Pasti asyik-asyik aja, nih. Nah, mimin disini mau berbagi cerita nih tentang burung kicau favorit kita, yaitu trotolan murai blorok.

Setelah berbagi Cara Merawat Trotolan Murai Biar Fighter dan Bernyali Tinggi, sekarang mimin udah nggak sabar pengen ceritain ciri-ciri trotolan murai blorok yang paling akurat. Bukan cuma dari bulu aja, tapi sampe warnanya juga, loh!

Jadi, buat kalian yang lagi nyari trotolan murai blorok, stay tuned ya, karena mimin bakal bagiin info paling update!

Siapa tahu nanti bisa jadi panduan buat temen-temen yang lagi cari-cari trotolan murai blorok yang oke banget.

Ciri Ciri Trotolan Murai Blorok

Kalian bingung ciri ciri trotolan murai blorok? Tenang berikut ini adalah ciri ciri yang paling jelas dann mudah di liat.

1. Bulu

Bicara soal bulu trotolan murai blorok, beda banget nih sama murai batu yang lain. Jadi, bulu di bagian atasnya tuh dominan warna hitam pekat, sementara bagian perutnya malah berwarna putih.

Nah, yang bikin makin kece, ada bintik-bintik putih kekuningan di beberapa bagian bulunya, nambahin keindahan, deh.

Gak cuma itu aja, jenis bulu yang dimiliki murai blorok juga tuh lebat dan tegas banget.

Jadi, kesannya gagah dan menarik gitu, apalagi buat para pemain atau pecinta burung kicau yang suka ikut lomba.

Makanya, gak heran kalo trotolan murai blorok jadi favorit banyak pecinta burung.

2. Kepala

Nah, kalo udah nengok bulu, lanjut deh ke bagian kepala. Kalian perhatiin deh, murai blorok punya kepala yang agak lebih besar dari biasanya. Terus, ada bagian bulu di sekitar matanya yang bisa jadi beda warna. Keren kan?

3. Warna

Murai blorok terkenal dengan warna cerah dan memukau yang dimilikinya. Keindahan khusus murai blorok dapat dilihat dari warna biru kehijauan pada sayap dan bagian tubuh atasnya.

4. Ekor

Terakhir, jangan lupa intip juga bagian ekornya. Trotolan murai blorok punya ekor yang panjang dan biasanya ujungnya agak meruncing.

Jadi, kalian bisa liat dari sana juga buat membedakan dengan murai lainnya.

Baca Juga : Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Sampai 3 Bulan Paling Akurat

Perbedaan Trotolan Murai Blorok dan Jenis Lain

Perbedaan Trotolan Murai Blorok dan Jenis Lain
Perbedaan Trotolan Murai Blorok dan Jenis Lain

Dulu Mimin juga bingung bedain murai blorok dengan jenis murai lainnya. Biar kalian gk bingung kayak Mimin dulu, yuk kita lihat tabel perbedaannya:

Ciri-CiriMurai BlorokJenis Murai Lainnya
Warna BuluCerah, terutama biru kehijauanBervariasi, tergantung jenisnya
Ukuran KepalaLebih besarBeragam
Bagian Tubuh LainnyaBiasanya lebih panjangSesuai dengan jenisnya
EkornyaPanjang dengan ujung meruncingBervariasi, tergantung jenisnya

Nah, itulah beberapa perbedaan antara trotolan murai blorok dengan murai-murai lainnya.

Cara Merawat Trotolan Murai Blorok

Murai Trotol Blorok
Murai Trotol Blorok

Tidak ada trik khusus dalam perawatan murai blorok. Berikut ini tips ala Mimin buat kalian yang lagi punya trotolan murai blorok di rumah. Biar si blorok tetap happy dan sehat, yuk simak cara merawatnya:

1. Pemilihan Kandang yang Nyaman

Pastikan kandang murai blorok kalian cukup luas dan nyaman. Berikan tempat berteduh dan hindari penempatan di tempat yang terlalu bising.

2. Pemberian Makanan Berkualitas

Sediakan makanan yang kaya gizi, seperti voer, jangkrik, dan buah-buahan. Variasikan jenis makanan untuk memastikan murai blorok mendapatkan nutrisi yang seimbang.

3. Rutin Mandi dan Perawatan Bulu

Berikan kesempatan murai blorok untuk mandi secara rutin. Jangan lupa menyediakan tempat pemandian yang aman. Selain itu, perhatikan kebersihan bulunya dengan menyikatnya agar tetap bersih dan sehat.

4. Aktivitas dan Latihan

Berikan waktu untuk berinteraksi dengan murai blorok. Mainkan mainan atau ajak dia berkicau. Latihan ini penting untuk menjaga kebugaran dan kebahagiaan burung.

5. Kontrol Kesehatan Rutin

Periksakan kesehatan murai blorok secara rutin ke dokter hewan. Pastikan vaksin dan perawatan kesehatan lainnya dilakukan sesuai jadwal.

6. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Jauhkan murai blorok dari paparan asap rokok dan bahan kimia berbahaya. Pastikan juga suhu ruangan tetap nyaman untuknya.

Harga Murai Trotol Blorok

Mungkin di antara kalian ada yang penasaran tentang harga murai trotol blorok. Mimin bakal kasih sedikit gambaran, meskipun harga bisa bervariasi tergantung daerah dan penjualnya, ya. Berikut ini beberapa perkiraan harga murai trotol blorok:

  1. Murai Trotol Blorok Standar: Rp 500.000 – Rp 1.000.000
  2. Murai Trotol Blorok Berkualitas Unggulan: Rp 1.200.000 – Rp 2.500.000
  3. Murai Trotol Blorok Super: Di atas Rp 3.000.000 (tergantung mutu dan keistimewaannya)

Dulu tahun 2021 Mimn pernah beli murai trotol blorok yang standart di Jawa Timur dengan harga Rp 700.000.

Penutup

Gimana, seru nggak tadi dengerin cerita mimin Yukternak.com tentang ciri-ciri trotolan murai blorok? Semoga, nih, informasinya bisa bermanfaat buat kalian yang lagi nyari trotolan murai blorok yang paling oke.

Ingat, ya, kalo mau beli burung, pilih yang sesuai sama ciri-ciri yang udah mimin kasih. Jangan lupa juga, perhatiin kesehatan burung dan pastikan dapet dari sumber yang terpercaya.

Semoga artikel ini jadi panduan seru buat kalian para penggemar burung kicau. Keep chirping, keep smiling, dan salam kicau dari mimin! Terima kasih udah dengerin cerita mimin sampai akhir. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, guys!

Andi Wijaya

Seorang sarjana peternakan unggas yang ketagihan sama dunia burung. Selain suka ngurusin mereka, aku juga kecanduan nulis-nulis. Gak bisa berhenti untuk berbagi pengalaman ngurus burung lewat tulisan-tulisan di blog kesayangan, yukternak.com. Jadi, kalau lagi gak sibuk, pasti aku lagi asyik ngetik cerita atau tips-tips seputar burung yang aku pelihara.

Satu pemikiran pada “Ciri Ciri Trotolan Murai Blorok Paling Akurat Mulai dari Bulu Sampai Warna”

Tinggalkan komentar