Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Sampai 3 Bulan Paling Akurat

Ciri Ciri Murai Trotol Jantan | Hai, sobat kicau mania! Pasti Kalian bingung gimana sih cara bedain murai trotol jantan dan betina yang usianya baru sekitar 1 sampai 3 bulan?

Nah, kali ini mimin Yukternak.com akan ngasih tahu kalian tentang Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Sampai 3 Bulan. Buat para pemula di dunia kicaumania, mengenali perbedaan jenis kelamin murai trotol bisa jadi membingungkan ya.

Tenang aja, mimin Yukternak.com bakal bantu ngebahas dengan gaya bahasa yang lebih santai tapi tetap berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang pasti. Jadi, simak terus ya, artikel ini buat dapetin tips yang bisa bikin kalian lebih paham!

Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Bulan

Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Bulan
Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Bulan

Untuk Kalian yang memiliki murai trorol umur 1 bulan, Berikut ini Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan betina untuk membedakannya:

1. Ukuran Tubuh

Jadi begini, si murai trotol jantan umur segini tuh badannya kecil banget, sekitar 6-7 cm aja. Paruhnya juga masih pendek. Nah, yang bikin beda, si jantan punya kepala yang lebih gede dan bulat dibanding si betina yang lebih kecil dan lonjong.

2. Postur Tubuh

Kalo kalian liat postur tubuhnya, yang jantan tuh biasanya tegak dan sedikit condong ke depan. Tapi hati-hati ya, kalo burungnya keliatan bungkuk atau melengkung, itu bisa jadi tanda kalo burungnya lagi sakit atau kekurangan nutrisi.

3. Warna Bulu

Nah, yang paling kentel bedanya dari si jantan dan betina umur segini tuh dari warna bulunya. Si jantan punya bulu yang cokelat, abu-abu, atau hitam. Tapi ada juga bagian-bagian yang keemasan atau kuning di sekitar sayap, mata, dan ekor. Warnanya ini yang bikin si jantan jadi menarik banget.

4. Kemampuan Berbunyi

Oiya, satu lagi nih bedanya. Si jantan punya kemampuan berbunyi yang lebih oke daripada si betina. Jantan suaranya lebih kenceng dan ngekeknya lebih bagus. Sementara si betina, suaranya cenderung lemah dan kurang ngekek.

Baca Juga : Pola Ekor Murai Lengkap Semua Jenis

Ciri Ciri Murai Trotol Jantan Umur 2 Bulan

Murai Trotol Jantan dan Betina
Murai Trotol Jantan dan Betina

Ini dia Ciri Ciri Murai Trotol Jantan buat kalian yang lagi cari murai trotol jantan berusia 2 bulan. Gak susah kok, cuman perlu perhatiin beberapa hal simpel tapi penting.

1. Matanya yang Mempesona

Pertama, mata si murai. Kalian harus amati deh, pastiin mata burungnya gede dan keliatan ‘ngelotot’. Mata yang ngelotot itu menandainya burungnya punya semangat yang bagus.

Lihat juga ada selaput putih atau nggak di matanya. Yang paling bagus tuh mata yang hitam bersih, soalnya kalo ada selaput putih, bisa aja ada masalah sama matanya.

2. Kepala yang Khas

Setelah itu, perhatiin bentuk kepala burungnya. Pilih yang kepala-nya ‘gepeng’. Kepala yang kaya gitu lebih bagus buat gaya kicauan yang bagus juga.

Terus, lebih gampang buat diajarin lagu-lagu kicauan yang nantinya dia bakal tiruin.

3. Kokoh di Tenggeran

Kaki burung juga penting loh! Ada yang bilang milih yang kaki hitam karena katanya bakal jadi fighter saat dewasa. Tapi menurut Mimin, yang lebih bagus tuh kaki yang kuat pas bertengger.

Kaki yang mantep pas dipegangin ke tenggeran menandainya burungnya bakal bisa beradaptasi sama lingkungan baru dengan mudah. Dan pasti punya karakter yang kuat!

4. Paruh yang Oke

Nah, cek juga format paruhnya ya. Pilih paruh atas yang lebih panjang dari bawahnya. Terus, yang bagus tuh paruh atas yang agak kebawah dikit kayak paruh cendet gitu. Pastiin juga pas dia nutup paruhnya, nutupnya rapih dan lurus.

5. Perhatiin Sikapnya

Kalo kalian beli lebih dari satu, lihat gimana tingkah lakunya di kandang. Pilih yang keliatan paling berkuasa, biasanya yang dominan di kandang itu yang paling ‘ngotot’ buat makan jangkrik.

6. Kondisi Kotorannya

Terakhir, cek kotoran si burung. Kalo warnanya masih putih, artinya belum makan voer. Pilih yang warna kotorannya cocok sama warna voer di cepuknya.

Kotoran yang putih itu tandanya dia sehat dan udah bisa makan voer, jadi resiko sakitnya kecil banget.

Ciri Ciri Murai Trotol Jantan Umur 3 Bulan

Ciri Ciri Murai Trotol Jantan Umur 3 Bulan
Ciri Ciri Murai Trotol Jantan Umur 3 Bulan

Berikut ini Ciri Ciri Murai Trotol Jantan umur 3 bulan yang gampang untuk di lihat:

1. Warna Bulu yang Tajam

Jika kalian lihat bulu-bulu di bagian dada, leher, dan punggungnya, biasanya bulu Murai Trotol Jantan punya warna yang lebih tajam dibandingkan betina. Begitu usianya sudah sekitar 4 bulan, kalian bisa lihat ada pertumbuhan bulu yang mengkilap berwarna hitam kebiruan, walau jumlahnya masih sedikit.

2. Bentuk Kepala yang Besar dan Datar

Sama seperti Murai Batu dewasa, si Trotol Jantan ini punya kepala dengan bentuk yang serupa.

3. Mata yang Tajam

Selain bentuk kepalanya, kalian bisa lihat dari mata si trotol. Matanya akan terlihat besar dengan tatapan yang tajam. Garis melingkar di sekitar mata juga kelihatan tegas dan tebal.

4. Paruh yang Tebal

Trotol Jantan punya paruh yang tebal, baik bagian atas maupun bawah. Kalau dilihat dari samping, paruhnya agak cembung ke bawah.

5. Kaki yang Kekar

Perhatikan juga bagian kaki. Jika si trotol jantan, kaki akan terlihat gagah, kekar, dan besar. Bahkan, jari kakinya punya ukuran yang besar juga.

6. Ekor yang Lebih Panjang

Kalau kalian perhatikan dengan teliti, Murai Trotol Jantan punya 4 ekor dengan warna hitam, yaitu ekor utama dan ekor kedua. Kalian bisa pastikan jenis kelaminnya dari ekornya.

Jika ekor utamanya lebih panjang dari ekor kedua dan ada selisih yang cukup jelas, itu tandanya si trotol adalah jantan. Trotol jantan juga cenderung selalu merapatkan ekornya.

7. Suara yang Kasar

Walau belum bisa berkicau, Trotol Jantan sudah bisa bersuara dengan trek-trek seperti Murai Batu dewasa. Suaranya biasanya keras dan jernih.

Ketika usianya sekitar 3 bulan ke atas, mereka mulai belajar berkicau dengan variasi yang lebih banyak dan suara yang lebih pelan.

Tabel Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina

Berikut ini Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina dalam tabel:

Ciri-ciriMurai Trotol JantanMurai Trotol Betina
UkuranLebih besar dan lebih berisiLebih kecil dan lebih ramping
Bentuk KepalaBulat dan besarLebih lonjong dan kecil
Bentuk TubuhLebih tegap dan berdiri lebih kokohLebih pendek dan kurang tegap
Warna BuluLebih cemerlang dan cerahLebih redup
Kemampuan BerbunyiLebih baik dan lebih nyaringLebih lemah dan kurang ngekek

Penutup

Nah, itulah tadi informasi dari Mimin Yukternak.com mengenai ciri-ciri paling akurat untuk membedakan murai trotol jantan dan betina berusia 1 sampai 3 bulan.

Semoga informasi ini bisa membantu kalian para penggemar burung kicau, terutama bagi yang baru terjun ke dunia hobi yang satu ini. Ingat, mengenali jenis kelamin burung memang perlu ketelitian dan pengalaman yang lebih, tapi jangan pernah berhenti belajar!

Selalu amati burung kalian dengan penuh kesabaran dan terus kembangkan pengetahuan tentang murai trotol. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan kalian dalam merawat dan menghias dunia kicauan dengan indah bersama murai trotol kesayangan kalian!

Andi Wijaya

Seorang sarjana peternakan unggas yang ketagihan sama dunia burung. Selain suka ngurusin mereka, aku juga kecanduan nulis-nulis. Gak bisa berhenti untuk berbagi pengalaman ngurus burung lewat tulisan-tulisan di blog kesayangan, yukternak.com. Jadi, kalau lagi gak sibuk, pasti aku lagi asyik ngetik cerita atau tips-tips seputar burung yang aku pelihara.

Satu pemikiran pada “Ciri Ciri Murai Trotol Jantan dan Betina Umur 1 Sampai 3 Bulan Paling Akurat”

Tinggalkan komentar